Informasi SPMB (Sistem Penerimaan Maba) Universitas Sebalas Maret Surakarta 2015

Informasi SPMB (Sistem Penerimaan Maba) Universitas Sebalas Maret Surakarta 2014 PROGRAM DIPLOMA 3 DAN DIPLOMA 4. UNS memberi kesempatan luas bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi, baik pendidikan profesional maupun keahlian (vokasi). UNS Solo membuka 24 Program Diploma (D-3/D-4) dengan berbagai konsentrasi keahlian. Program Diploma merupakan salah satu program untuk mencetak tenaga-tenaga ahli yang siap terjun dalam masyarakat sesuai dengan bidangnya. Program Diploma adalah jalur vokasional yang tidak sama dan tidak sejalur dengan Program Sarjana (jalur akademik). Program Diploma mengkhususkan untuk menciptakan lulusan yang menguasai keterampilan.

Sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta peduli pada mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu dengan memberikan beasiswa kurang lebih 5.000 mahasiswa per tahun dan pada tahun 2013, alokasi dana beasiswa mencapai 39 milyar rupiah yang bersumber dari dana UNS Solo dan kerjasama dengan lebih dari 24 institusi pemberi beasiswa baik dari kalangan swasta maupun pemerintah, diantaranya berasal dari beasiswa Bidik Misi untuk 1.320 mahasiswa tahun angkatan 2013.

JALUR SPMB PROGRAM DIPLOMA UNS


1. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) di selenggarakan oleh UNS dengan kapasitas daya tampung 50% setiap Program Studi, terdiri atas:
a. PMDK Prestasi Akademik
b. PMDK Prestasi Olahraga (POR) & Seni
c. PMDK Prestasi Khusus

2. Ujian Tulis Mandiri diselenggarakan oleh UNS dengan kapasitas daya tampung 25% setiap Program Studi, dan

3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara dengan kapasitas daya tampung 25% setiap Program Studi

1. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

a. PMDK Prestasi Akademik (PA)
o Ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi sesuai dengan minat dan kemampuan serta diusulkan oleh sekolah.
o Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal.

b. PMDK Prestasi Olahraga & Seni (PORSENI)
o Ditujukan kepada siswa yang memiliki bakat khusus di bidang olahraga atau seni, dengan prestasi di tingkat nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan oleh KONI dan/atau POPSI, dan diusulkan oleh sekolah.
o Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal, dan didukung dengan prestasi di bidang olahraga atau seni.

c. PMDK Prestasi Khusus (PK)
o Ditujukan bagi siswa pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui kompetisi ilmiah, seperti olimpiade fisika, matematika dan lain-lain minimal tingkat nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi atau Versi
8 Januari 2014 Gd. Sekretariat SPMB UNS Jl.Ir. Sutami No. 36 A Kampus UNS Kentingan Solo Phone Direct: +62-271-634880 Hunting: +62-271-646994 Ext. 358, 373 Faximile: +62-271-634880 Website: http://www.spmb.uns.ac.id E-mail: spmb@uns.ac.id 

Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 10 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
o Seleksi didasarkan pada hasil analisis rapor SMTA 5 (lima) semester awal (kelas X s/d kelas XII) dan bagi siswa program akselerasi menggunakan rapor 4 (empat) semester awal, dan didukung dengan prestasi di bidang IPTEK.
(Siswa pemenang Lomba Kompetensi SMK Se Jawa Tengah (Juara I), dan pemenang Lomba Kompetensi SMK Se Indonesia/Nasional (Juara I, II, III, dan Harapan) dapat diterima pada Jalur PMDK Prestasi Khusus setelah dilakukan proses verifikasi berkas, kesesuaian pilihan program studi, dan ketersediaan kuota setiap program studi.)
o Calon diusulkan oleh sekolah.

2. Ujian Tulis Mandiri

o Diperuntukkan bagi lulusan SMTA semua tahun, dan untuk program D-4 Kebidanan berasal dari lulusan D-3 program studi yang sama.
o Seleksi didasarkan pada hasil ujian tulis.

3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT)

o Diperuntukkan bagi lulusan SMTA semua tahun, dan untuk program D-4 Kebidanan berasal dari lulusan D-3 program studi yang sama.
o Seleksi didasarkan pada hasil ujian tulis.

Daya tampung dan progdi UNS Surakarta Diploma 3 dan 4


PERSYARATAN PESERTA

 1. PMDK

a. Peserta adalah WNI yang duduk di kelas akhir SMTA dalam atau luar negeri pada tahun ajaran 2013/2014.
b. Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) jenis PMDK.
c. Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi. Lulusan SMA/MA IPA dapat memilih semua  program studi, lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi IPS, lulusan SMK hanya dapat memilih program studi yang sejalur.
d. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
  • Untuk Program Studi: D-3 Teknik Kimia, Desain Komunikasi Visual, dipersyaratkan Tidak Buta Warna Total maupun Parsial.
  • Untuk Program Studi: D-3 Hiperkes & Keselamatan Kerja, D-3 Kebidanan, D-4 Kesehatan Kerja, D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, D-3 Agribisnis, dipersyaratkan tidak buta warna total.
  • Untuk Program Studi D-3 Kebidanan dipersyaratkan Putri dengan tinggi badan minimal 150 cm.

2. Ujian Tulis Mandiri

1. Warga Negara Indonesia atau WNA yang mendapat ijin dari Ditjen Dikti Depdiknas.
2. Lulus SMTA (semua tahun).
3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya. Untuk Program Studi D-4 Kebidanan dipersyaratkan Putri dengan tinggi badan minimal 150 cm dan tidak buta warna total.
4. Setiap peserta hanya dapat memilih 2 (dua) prodi pilihan IPA/IPS atau IPC (prodi IPA dan IPS).
5. Program studi D-4 Kebidanan UNS hanya menerima jalur transfer dari D-3 Kebidanan.
6. Mendaftarkan diri sebagai peserta SPMB Program Diploma Jalur Ujian Tulis.

3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT)

Sesuai dengan Persyaratan Panitia Pusat Perhimpunan SPMB Nusantara.
Untuk lebih lanjutnya silahkan klik disini.

Blog, Updated at: 4:49 PM

0 comments:

Post a Comment