Jalur Pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, Mandiri UNS Surakarta

Welcome to SNMPTN dan SBMPTN, disini akan sedikit share tentang UNS Surakarta yang membuka 3 jalur masuk/pandaftaran berdasarkan tes untuk perguruan tinggi Negeri. 3 jalur masuk tersebut adalah SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Simak baik-baik informasinya di bawah ini.

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN yang meliputi ketentuan umum dan persyaratan, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), tata cara pendaftar an, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN dan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku (POB) SNMPTN.

Jalur Masuk UNS Surakarta

A. Program S-1 (Sarjana) UNS:
1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT)
4. SPMB Transfer S-1
  • Non Kependidikan
  • Kependidikan

B. Program Diploma UNS:
1. SPMB Program Diploma Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK)
• PMDK Prestasi Akademik
• PMDK Prestasi Olahraga (POR) & Seni
• PMDK Prestasi Khusus

2. Ujian Tulis Mandiri
3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT)

C. Program Pascasarjana UNS:
1. Program Magister (S-2)
2. Program Doktor (S-3)

D. Program Pendidikan Profesi UNS:
1. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)
2. Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Panitia pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 Lokal Univesitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai melakukan sosialiasi. Untuk tahap awal akan membagikan 200 lembar petunjuk tentang pelaksanaan SNMPTN sekolah-sekolah.

Penerimaan jalur SNMPTN tetap menggunakan dasar nilai rapor, prestasi nilai akademik lain hingga prestasi sekolah seperti akreditasi sekolah. Peserta tidak dipungut biaya. Pendaftar diberi kesempatan memilih 2 perguruan tinggi dan maksimal 3 pilihan program studi (prodi). 

Apabila peserta memilih 3 prodi dengan 2 PTN, maka satu PTN maksimal dua prodi dan salah satu PTN yang dipilih harus berada di wilayah provinsi terdekat sekolah. Sedang pemilihan 1 PTN dengan 3 prodi juga diperbolehkan.

Prof Sutarno mengatakan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 50 persen dari seluruh daya tampung. Separoh yang lain akan diseleksi melalui SBMPTN 35 persen dan UMB-PT 15 persen. Persyaratan Khusus Bagi yang Memilih Program Studi di UNS 

1. Setiap peserta dapat memilih 2 (dua) program studi yang serumpun, siswa atau peserta SMTA IPA memilih program studi kelompok IPA dan SMTA IPS/Bahasa memilih program studi kelompok IPS, kecuali Program Studi PGSD Guru Kelas, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga boleh dipilih dari Siswa SLTA IPA dan IPS.
2. Memenuhi persyaratan nilai rata-rata rapor tiap semester : ≥ 7,5 atau 75 tanpa ada nilai ≤ 5,0 atau 50 , kecuali untuk Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga serta Pendidikan Seni Rupa boleh ≥ 7,0 atau 70. Khusus untuk program studi sebagai berikut:
  • Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, nilai mata pelajaran Matematika tidak ada nilai ≤ 5,0 atau 50.
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, nilai mata pelajaran Olahraga minimal 7,0 atau 70.
  • Pendidikan Seni Rupa, nilai mata pelajaran Seni Rupa/ Menggambar minimal 7,0 atau 70.

3.Setiap peserta dapat mengisi dan melampirkan/mengupload data prestasi, jika peserta mempunyai prestasi di bidang:
  • Olahraga atau Seni di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI, POPSI dan atau institusi/badan yang sesuai dengan bidangnya (pada 2 tahun terakhir).
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
  • Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 10 juz) yang dinyatakan dengan “sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).

4.Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
  • Untuk Program Studi: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Kimia, Kimia, Kriya Seni (Desain Tekstil), Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Kimia, Pendidikan Seni Rupa, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian.
  • Untuk Program Studi: Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Industri, Agroteknologi/ Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Fisika, Biologi, Pend. Fisika, Pend. Biologi, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian.
  • Untuk Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga, dipersyaratkan Tinggi Badan minimal Putra 160 cm, sedangkan tinggi badan Putri minimal 155 cm.

Calon mahasiswa baru (camaru) tahun akademik 2014/2015 yang mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mendapatkan subsidi biaya seleksi sebesar 50% dari pemerintah pusat.

Persyaratan pendaftaran lewat jalur SBMPTN tahun ini sama dengan tahun lalu. Bedanya, tahun ini biaya pendaftaran lewat jalur SBMPTN lebih murah kira-kira separuh karena mendapat subsidi dari negara. Tahun lalu biayanya sekitar Rp 175.000,- per kelompok ujian. Pada tahun ini biayanya sekitar Rp 90.000,- sampai Rp 100.000.

Rektor UNS itu menyatakan, pemberian subsidi untuk jalur SBMPTN merupakan program Ditjen Dikti untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Source :
pikiran-rakyat.com

Blog, Updated at: 11:16 AM

0 comments:

Post a Comment