Home » » Unnes Tetapkan Biaya Kuliah Sama di Semua Jalur

Unnes Tetapkan Biaya Kuliah Sama di Semua Jalur

Universitas Negeri Semarang (Unnes) tak akan memberlakukan biaya kuliah lebih mahal pada mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Lewat seleksi mandiri itu, mereka bisa mengakses uang kuliah tunggal (UKT) pada tarif terendah, bahkan mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman mengungkapkan hal itu di kampus sekaran, Senin (1/7). "Tak ada perbedaan biaya kuliah antara yang diterima lewat SNMPTN, SBMPTN, maupun SPMU. Semua sama, sehingga tidak ada yang namanya tawar-menawar kemampuan membayar biaya kuliah," katanya. Tahun ini, Unnes sudah memberlakukan UKT yang besarannya mulai dari Rp500 ribu per semester hingga Rp 5 juta per semester.

Dengan membayar biaya sebesar itu, mahasiswa tidak akan ditarik untuk biaya lainnya selama kuliah. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran SPMU dibuka secara online di laman spmu.unnes.ac.id sejak 20 Juni lalu hingga 16 Juli mendatang. Berdasarkan pantauan unnes.ac.id, seleksi ini relatif masih sepi peminat. Diperkirakan para peminat masih menunggu pengumuman hasil SBMPTN 12 Juli mendatang.

Dalam SPMU 2013, Unnes menyediakan 734 kursi untuk mahasiswa baru atau 10% kuota keseluruhan mahasiswa baru tahun ini. Meskipun demikian, terbuka kemungkinan kuota SPMU tersebut bertambah. "Total keseluruhan kuota tahun ini 6.680. Sebanyak 55% telah diterima lewat SNMPTN dan 35% melalui SBMPTN," katanya.

Namun dia mengingatkan, yang telah diterima lewat SNMPTN tapi saat lapor diri tidak hadir, dinyatakan gugur. Kursi kosong itu kemudian ditambahkan untuk kuota SBMPTN. "Namun jika nanti yang diterima lewat SBMPTN ada yang tidak melakukan registrasi, tentu saja akan kami tambahkan ke SPMU sehingga kuota seleksi mandiri ini dimungkinkan bertambah," kata Fathur.
Share this article :
Terimakasih telah membaca artikel tentang Unnes Tetapkan Biaya Kuliah Sama di Semua Jalur dan anda boleh menyebar luaskannya dengan mengesharenya jika artikel Unnes Tetapkan Biaya Kuliah Sama di Semua Jalur ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Unnes Tetapkan Biaya Kuliah Sama di Semua Jalur sumbernya.
Jangan Lupa Berikan Komentar Buat Membangun supaya lebih baik dalam penulisan ini!!!! atau G +1 di atas.
Comments
1 Comments

1 comments:

Satria Fahrudin Syah said...

pengumuman pembayaran ukt nya og belum muncul???muncul???

Post a Comment

 
Copyright © 2013. SNMPTN | SBMPTN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger | DMCA
Support SNMPTN dan SBMPTN