Ghina : Ranking Tinggi Belum Bisa Jamin Lulus SNMPTN

Banyak siswa yang mengharapkan mendapatkan peringkat atau ranking tinggi untuk mendaftar SNMPTN 2015. Pasalnya banyak siswa yang mempercayai bahwa ranking tinggi dapat dengan mudah diterima di PTN pilihan.

Akan tetapi kenyataanya ranking tinggi di sekolah bukan jaminan untuk bisa lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut SNMPTN. Pasalnya, PTN tak hanya mencari prestasi didalam sekolah saja, melainkan juga mencari calon mahasiswa yang mempunyai prestasi bagus di luar Sekolahnya.

Seperti kisah seorang mahasiswi Sastra Inggris Universitas Indonesia (UI) yang bernama Ghina Rizki Amalia, dia memanfaatkan peluang prestasi non akademis tersebut untuk dapat diterima di UI. Pasalnya dia mempunyai banyak prestasi non akademis selama di SMA.
Ranking Tinggi

Ghina bercerita ketika mendaftar ke Universitas Indonesia tahun lalu, dia bersaing ketat dengan temannya sendiri yang sama-sama mengambil jurusan Sastra Inggris di Universitas Indonesia. Nilai rapor teman Ghina lebih tinggi dari pada nilai rapor punya dia.

Akan tetapi Ghina tetap semangat, dia memanfaatkan peluang tersebut dengan menyertakan bukti-bukti non akademisnya seperti sertifikat kelulusan level di lembaga les bahasa inggris, sertifikat lomba kesenian tingkat nasional dan sertifikat juara III lomba bahasa Inggris saat mendaftar SNMPTN.

"Ketika pengumuman, aku yang diterima. Mungkin karena waktu itu aku masukin sertifikat-sertifikat yang menunjang pendaftaranku di jurusan yang kupilih," ungkap Ghina.

Dengan kata-kata Ghina tersebut membuktikan bahwa prestasi non akademis juga berperan penting dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN. Seperti halnya PTN lain yaitu, Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan memberikan prioritas kepada para penghafal Al-Qur’an (tahfidz).

Cewek lulusan SMAN 71 Jakarta ini menganggap pendaftaran kuliah menggunakan sistem SNMPTN sangat simpel karena tidak mengharuskannya mengikuti ujian tulis. Tetapi, siswa pendaftar SNMPTN harus menjaga agar nilai rapor mereka tetap baik.

Sebelum mendaftar SNMPTN, alangkah baiknya memantapkan diri terlebih dahulu, jurusan mana yang akan dipilihnya nanti. Kuncinya harus menyesuaikan pilihan tersebut dengan kemampuan yang dimiliki.

"Jangan takut mencoba dan pilihlah jurusan sesuai dengan minat. Jangan pilih jurusan kuliah karena orang lain, sebab nantinya kita yang menjalani kuliah," lanjut Ghina.
Via Posarena.com

Blog, Updated at: 3:15 AM

1 comments:

  1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

    ReplyDelete