Home » , » SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015

SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015

SNMPTN 2015 dan cara pendaftaran SNMPTN Undangan 2015 - HAL-HAL YANG DIJADIKAN PENILAIAN SNMPTN UNDANGAN ada beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Undangan.
SNMPTN 2014

Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas MASING-MASING KAMPUS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. berikut ini beberapa kriteria penilaian yang secara umum digunakan, jadi mungkin aja ga semuanya kriteria yang gue tulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.

1. Nilai Raport - secara keseluruhan Di SNMPTN undangan 2014, nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan pemeringkatan. untuk bandingin si A dan B, maka secara umum, lihat nilai total .

2. Nilai per mata pelajaran - misalnya si A dan si B ambil biologi di kampus yg sama. secara peringkat si A kalah, tp nilai biologi si A lbh baik dari si B. maka si A tetep bs bersaing dgn B. Prefer yg mana? itu keputusan masing2 kampus.

3. Konsistensi - Kalo tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. misal taun lalu, pd sekolah akreditasi A bisa ngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yg ga pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jd tiap sekolah biasanya ga sampe ngirim 50%nya. itu aturan konsisten oleh panitia snmptn. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda2 dan g diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.

4. Prestasi di luar kelas - Kamu dapat melampirkan, maksimal 3, prestasi terbaikmu. Nanti piagam/sertifikat di scan trus upload ke panitia ketika daftar.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah - Prestasi sekolah di ajang kompetisi2 jg bisa menjadi pertimbangan. seperti sering menang olimpiade2 atau lomba2 lain. otomatis alumni sekolah tersebut juga akan terangkat namanya.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2014 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2014 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu.

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN

Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.
Pengisian PDSS

Apakah PDDS itu?? PDSS adalah Singkatan dari Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa. Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran SNMPTN Undangan 2014

Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Ketentuan Khusus
Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
Telah mengisi PDSS
Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2014.
Persyaratan Siswa Pelamar
Pendaftaran
• Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014.
• Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
• Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
• Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

Share this article :
Terimakasih telah membaca artikel tentang SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015 dan anda boleh menyebar luaskannya dengan mengesharenya jika artikel SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015 sumbernya.
Jangan Lupa Berikan Komentar Buat Membangun supaya lebih baik dalam penulisan ini!!!! atau G +1 di atas.
Comments
63 Comments

63 comments:

saiful azzam said...
This comment has been removed by the author.
saiful azzam said...

kalau lulusan tahun 2012 bisa ?

nico adhitya said...

kalau misalnya siswa yang lulus tahun sebelumnya bisa tidak ya mendaftar SNMPTN

Hana Hanifah said...

apakah bisa sekolah mendaftarkan siswa pindahan pada PDSS SNMPTN karena belum didaftarkan oleh sekolah asalnya ?

Hardi Demi said...

klu nilai semester 1-3 naik tapi 4-5 turun masih bisa pak ??

Iswayanto Bk said...

lulusan yg bisa hanya 2012-213 (tapi di sbmptn atau biasa disebut tes tulis) untuk snmptn khusus lulusan 2014 dan meggunakan nilai raport.

Purwanto wanto said...

Siapakah yang mendorong agar sekolah melakukan PDSS

rajidah arsita said...

klo nggak punya prestasi akademik di luar sekolah gmna klo ikut jalur undangan?

fariz luthfi said...

gan kalo nilai rapot nya naik turun naik turun bisa masuk PTN gak?

Rosyiida Arbil Azizah said...

@Fariz Luthfi bisa dek, bisa aja mau nilai rapor kamu kayak gimana pun bisa aja. Tinggal pilihan PTN kamu, semakin keren universitas ya rapor juga harus keren. MIsal klo kamu masuk ke PTN yang kurang peminat ya peluang kamu masuk besar

Tri Indah Sari said...

kak kalau dari sekolah kejuruan trus mau masuk PTN yang jurusannya beda sama jurusan waktu SMK bisa nggak ya?

Tri Indah Sari said...

kak kalau dari sekolah kejuruan trus mau masuk PTN yang jurusannya beda sama jurusan waktu SMK bisa nggak ya?

Resti Anggraini said...

Kak mohon dijawab saya sma dijurusan ipa tapi di snmptn undangan saya mau ambil jurusan FKIP bahasa indonesia? Kira kira itu bisa tidak ya? Mohon dijwab kak saya butuh sekali jawababnnya

rinaldi parepare said...

SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014... utk lebih jelasnya lngsung saja kunjungi situs resmi panitia snmptn
2014

rinaldi parepare said...

Ya bisa... itu tidk mslah, kn pilihan ptn dn jurusannya trserah pda pendftar, cntohnya saya, sya dulu smk akuntansi, sekrng jurusan ekonmi pembngunan

rinaldi parepare said...

Sekolah yg mlkukn pdss adlh sekolah dimna pendftr/siswa melksanakn UN

rinaldi parepare said...

Bisa.... krna snmptn thun ini dipruntukn untk siswa yg mngikuti UN pda thun 2013 & 2014

rinaldi parepare said...

Yg lulusn 2012 tdk bisa lgi mngikuti snmptn, tetpi msih bisa mngikuti sbmptn

Gellesy Barsui said...

mau nanya, saya ipa. mau masuk unand ambil jurusan akuntansi, nilai saya pas pasan, tapi rata ratanya naik. 82,84,85,86,88. apakah bisa dengan nilai rata rata kayak gini?

fauzihamdani said...

Maaf mau nanya,mohon diperjelas "SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014" saya ini lulusan tahun 2013,jadi bisa ikut snmptn 2014 skarang ?

Kudungga Purbalingga said...

trima kasih atas infonya.. kami juga berbagi info di http://kudunggaundip.blogspot.com

dani jaya said...

Kak sy mau nnya .. sy siswa jurusan ipa.. sdgkn sy trtriknya di fkip b.inggrs yg sbnrnya untk jurusan ips.. itu bs gak kak ? Tlg dijawab kak.. klo prstasinya di bdg b.ing sy ada kak.. trmksi

imam ciprut said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Latifah Nurrahmaningsih said...

Kok saya dpt kbr dr guru kalo jalur SNMPTN itu gk bs pindah jurusan misalnya anak IPA mau ke jurusan IPS, kecuali saat SBMPTN. Bener ngak ??

Reva said...

Kak, saya mau nanya, kalo ngambil SNMPTN Undangan (Jalur Undangan), saya mau ngambil di UI sama UGM, kira-kira bisa gak tuh???

inggridwrn said...

kak mau tanya. kalo rata2 rapot semester 5 turun 0,7 dr semester 4 gituu. kira2 bisa lolos snmptn nggak yaa ?

nurul fuadah said...

kak it pendaftaran SNMPTN harus 2 universtas?

Retno Wulandari said...

nilai selalu naik dari semester berapa? dan juga kalau tidak mendapat rangking bagaimana?

Arif Budiman Arrosyid said...

kalo misalnya bpk q PNS pangkat III a masih bisa ikut ap gk??
trus piagam penghargaan ikut berpengaruh ap gk??

mohon dibales dg cpat,

riska agustin said...

Mau tanya dong, kalo lulusan tahun 2013 bisa gak seleksi snmptn, terus gimana bisa dapet nisn sama ferivikasi paswordnya?

Laras Bhakti Pratiwi said...

snmptn 2014 nilai raport yg digunakn dari smester 1-5 atau 3-5? bagaimana jika ada anak guru pelajaran yg di UN kn tapi kemampuannya biasa saja namun ortunya meminta guru pelajaran ptg lainnya untuk mendongkrak nilai anaknya,bgmn pihak universitas mengetahui dan membedakan nilai anak2 yg bnar2 mampu dibidangnya?

Dyah ayoex said...

Kalo misalkan gak punya prestari non akademik gimana?? atau gak punya piagam lomba2 gitu...

Halima archil said...

kak saya kan lulusan tahun 2013 apakah masih bisa ikut snmptn 2014...?

agung fajar isnani said...

thankz infona gan...

rida indriyani said...

said
nilai mempengaruhi gak kak atau pak di PTN..??

eva fauziah said...

Jadi yg lulusan 2013 tidak bisa mengikuti SNMPTN ?

Khoridah Rosyad said...

tolong jelaskan lagi donk komentar dari mba >> rinaldi parepare "SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014... utk lebih jelasnya lngsung saja kunjungi situs resmi panitia snmptn
2014" cara mendaftarnya gmana kalo mba tau? please kasih infonya ke
emailku ya : k.rosyad@yahoo.com
kalo engga ke fb ku : Khoridah Rosyad Purbiningtyas ya,,, please bgt...

Egoprasetyok Kevin said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Akbar said...

Terimakasih infonya ya :)

Sena Romanda said...

Ptn 2015 nilai raportnya yang di lihat mulai semester berapa cuy? .mohon di jawab

Rhara Rha-Nuhra said...

klo sekolah kta udah di black list , gimana yah kak ?? apa masih ada ksempatan buat mengikuti jalur undangan ?

Ahmad nahrowi said...

misalnyua aku lulus tahun 2013 tahun lalu apakah masih bisa ikut kah? dan tatacaranya gmn?

killll said...

Gan mau tanya q lulusan smk tahun 2012...dulu q kedaftar smnptn jalur undangan..tpi karna msih kurang dana buat kuliah q gak ikut
Klau taun ini q mau ikut smnptn bisa gak ya........?

Atianta Adi Nugraha said...

NISN saya udah di urus sm sekolah, tpi blm keluar. Lantas utk mendapatkan NISN apa yg harus saya lakukan ?

robi.wilimatin said...

Aku udah urus" ikut snmptn di sekolah, tapi dri skolah masih bingung pndaftarannya kpan, tu gmnh yah?.

Andika ZeN said...

Assalamuallaikum
saya mau nanya..
jika nilai semester 1 sama 2 lumayan jelek,hanya lebih sedikit dari KKM rata" 65,sampai 70 namun pada semester 3,4,5 nilai sangat bagus yaitu 85,90 apakah bisa bersaing dengan nilai yang dari semester 1 sampai 5 rata" 75-80?
Terimakasih..

Share Apa Yang Kumiliki said...

Ada kah sekolah yg tdk bisa mendaftarkan snmptn

Share Apa Yang Kumiliki said...

Kenapa sekolah saya, tdk bisa mendaftarkan saya SNMPTN?

Andika Aprianto said...

semua sekolah bisa daftar kok , kalo mau infonya langsung aja ke snmptn.ac.id disitu lebih jelasnya :) kalo masalah nilai mau naik mau turun , itu tergantung dari saingan kalian pas masuk jurusan itu . kalo saingannya gede" nilainya otomatis nilai kalian ga diliat , tapi kalo saingan kalian biasa aja , tetep diliat kok nilainya . soalnya pasti dirata ratain nilai semester 1-5

Alan Budi Kesuma said...

jika kita mendaftar SNMPTN apakah hanya disaring berdasarkan nilai rapor?

regyna ilhamy purudy said...

apakah ada perbedaan penilaian antara siswa mutasi dengan siswayang bukan mutasi?

tari andejhavi said...

kan dianjurkan ambil 3jurusan.
apakah bisa 2 mengambil jurusan IPA dan 1 lagi mengambil jurusan IPS?

Nely Frestiantin said...

kalau dari smk jurusan teknologi informatika itu boleh ambil jurusan bahasa atau tidak?

Kent Dimitri said...

kak, nilai semester 1-5 saya 85.17, 87.6, 88.4, 90, 89.25. Sekolah saya sudah terakreditasi A, Selain itu saya juga berprestasi dibidang akademik maupun akademik maupun non akademik. Lalu saya hanya pilih satu PTN dan satu jurusan yakni UI dengan jurusan manajemen. Nah, kira-kira bagaimana peluang atau harapan saya untuk masuk di PTN tersebut? Mohon dijawab ya kak :)

Kent Dimitri said...

Kalo misalkan prestasinya hanya juara kelas tapi ada piagamnya, gimana cara upload prestasinya? soalnya saya bingung harus pilih bidang apa, yang ada hanya bidang penelitian, olimpiade, olahraga seni dan lain-lain.

Kent Dimitri said...

Apakah bisa upload lebih dari 3 prestasi? apakah berpengaruh hal tersebut terhadap kelulusan SNMPTN?

Anindya Ratu Saputri said...

sertifikat prestasi bisa dari smp ngga?

La Ode Sarfila said...

Siswa tidak bisa mendaftar SNMPTN 2014, karena Kendala Nomor Ujian Nasional Belum Keluar dari Diknas, gimana solusinya?

Heny Listia said...
This comment has been removed by the author.
Heny Listia said...

kalo piagam juara kelas bisa dilampirkan tidak? tapi masalahnya tidak ada kategori piagam juara kelas di daftar prestasi,, yg ada olimpiade, seni suara/musik, olahraga dll. sy dgr piagam juara kls bisa dilampirkan, tp dikategori mana yg akan sy taro piagam tsb?

terus kalo piagam membaca doa saat TK sekecamatan bisa tidak? tp sy juga bingung mau taro dikategori mana piagam membaca doa tsb. jadi yg sy taro hanya dua piagam yaitu piagam olimpiade sy... pertanyaan ketiga sy bisa tidak hanya dua piagam yg kita lampirkan?

mohon dijawab, sy mohon... karna sy sedang kebingungan dan belum memfinalisasi pendaftaran sy.. :(

Ren listya said...

kalo semisal lolos seleksi SNMPTN apa biaya kuliah tetap dibayar atau ada ketentuan tersendiri?

Tya Yunitasari said...

kak, piagam prestasi itu poinnya berapa sih?

Nunu Pratiwi said...

Trus cara dapetin passwordnya gimana? Kan udah gak terikat dgn skolah .

Post a Comment

 
Copyright © 2013. SNMPTN | SBMPTN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger | DMCA
Support SNMPTN dan SBMPTN