SNMPTN 2015 dan Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2015

SNMPTN 2015 dan cara pendaftaran SNMPTN Undangan 2015 - HAL-HAL YANG DIJADIKAN PENILAIAN SNMPTN UNDANGAN ada beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Undangan.
SNMPTN 2014

Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas MASING-MASING KAMPUS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. berikut ini beberapa kriteria penilaian yang secara umum digunakan, jadi mungkin aja ga semuanya kriteria yang gue tulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.

1. Nilai Raport - secara keseluruhan Di SNMPTN undangan 2014, nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan pemeringkatan. untuk bandingin si A dan B, maka secara umum, lihat nilai total .

2. Nilai per mata pelajaran - misalnya si A dan si B ambil biologi di kampus yg sama. secara peringkat si A kalah, tp nilai biologi si A lbh baik dari si B. maka si A tetep bs bersaing dgn B. Prefer yg mana? itu keputusan masing2 kampus.

3. Konsistensi - Kalo tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. misal taun lalu, pd sekolah akreditasi A bisa ngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yg ga pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jd tiap sekolah biasanya ga sampe ngirim 50%nya. itu aturan konsisten oleh panitia snmptn. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda2 dan g diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.

4. Prestasi di luar kelas - Kamu dapat melampirkan, maksimal 3, prestasi terbaikmu. Nanti piagam/sertifikat di scan trus upload ke panitia ketika daftar.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah - Prestasi sekolah di ajang kompetisi2 jg bisa menjadi pertimbangan. seperti sering menang olimpiade2 atau lomba2 lain. otomatis alumni sekolah tersebut juga akan terangkat namanya.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2014 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2014 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu.

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN

Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.
Pengisian PDSS

Apakah PDDS itu?? PDSS adalah Singkatan dari Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa. Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran SNMPTN Undangan 2014

Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Ketentuan Khusus
Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
Telah mengisi PDSS
Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2014.
Persyaratan Siswa Pelamar
Pendaftaran
• Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014.
• Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
• Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
• Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.


Blog, Updated at: 3:59 AM

82 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kalau lulusan tahun 2012 bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg lulusn 2012 tdk bisa lgi mngikuti snmptn, tetpi msih bisa mngikuti sbmptn

      Delete
  3. kalau misalnya siswa yang lulus tahun sebelumnya bisa tidak ya mendaftar SNMPTN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.... krna snmptn thun ini dipruntukn untk siswa yg mngikuti UN pda thun 2013 & 2014

      Delete
    2. Trus cara dapetin passwordnya gimana? Kan udah gak terikat dgn skolah .

      Delete
    3. kaya,e yg bisa ikut snmptn hanya yg masih sekolah SMA . bagi yg sudah lulus kayaknya tidak bisa . setahu saya

      Delete
    4. setahu aaku snmptn itu berlaku untuk tahun kelulusan siswa kak :) jaadi yang lulus th 2015 ya ikut snmptn 2015 , yang th 2014 ya ikut snmptn 2014,,
      banyak jalur menuju sukses ka ;)
      ga harus lewat snmptn saja.. tapi banyak :)

      Delete
    5. nilai minimum untuk bisa daftar SNMPTN brp yaa ??

      Delete
  4. apakah bisa sekolah mendaftarkan siswa pindahan pada PDSS SNMPTN karena belum didaftarkan oleh sekolah asalnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah yg mlkukn pdss adlh sekolah dimna pendftr/siswa melksanakn UN

      Delete
  5. klu nilai semester 1-3 naik tapi 4-5 turun masih bisa pak ??

    ReplyDelete
  6. lulusan yg bisa hanya 2012-213 (tapi di sbmptn atau biasa disebut tes tulis) untuk snmptn khusus lulusan 2014 dan meggunakan nilai raport.

    ReplyDelete
  7. Siapakah yang mendorong agar sekolah melakukan PDSS

    ReplyDelete
  8. klo nggak punya prestasi akademik di luar sekolah gmna klo ikut jalur undangan?

    ReplyDelete
  9. gan kalo nilai rapot nya naik turun naik turun bisa masuk PTN gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja . nilai naik turun tidak masalah bagi PTN

      Delete
  10. @Fariz Luthfi bisa dek, bisa aja mau nilai rapor kamu kayak gimana pun bisa aja. Tinggal pilihan PTN kamu, semakin keren universitas ya rapor juga harus keren. MIsal klo kamu masuk ke PTN yang kurang peminat ya peluang kamu masuk besar

    ReplyDelete
  11. kak kalau dari sekolah kejuruan trus mau masuk PTN yang jurusannya beda sama jurusan waktu SMK bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  12. kak kalau dari sekolah kejuruan trus mau masuk PTN yang jurusannya beda sama jurusan waktu SMK bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  13. Kak mohon dijawab saya sma dijurusan ipa tapi di snmptn undangan saya mau ambil jurusan FKIP bahasa indonesia? Kira kira itu bisa tidak ya? Mohon dijwab kak saya butuh sekali jawababnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa... itu tidk mslah, kn pilihan ptn dn jurusannya trserah pda pendftar, cntohnya saya, sya dulu smk akuntansi, sekrng jurusan ekonmi pembngunan

      Delete
  14. SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014... utk lebih jelasnya lngsung saja kunjungi situs resmi panitia snmptn
    2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya dong, kalo lulusan tahun 2013 bisa gak seleksi snmptn, terus gimana bisa dapet nisn sama ferivikasi paswordnya?

      Delete
  15. mau nanya, saya ipa. mau masuk unand ambil jurusan akuntansi, nilai saya pas pasan, tapi rata ratanya naik. 82,84,85,86,88. apakah bisa dengan nilai rata rata kayak gini?

    ReplyDelete
  16. Maaf mau nanya,mohon diperjelas "SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014" saya ini lulusan tahun 2013,jadi bisa ikut snmptn 2014 skarang ?

    ReplyDelete
  17. trima kasih atas infonya.. kami juga berbagi info di http://kudunggaundip.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Kak sy mau nnya .. sy siswa jurusan ipa.. sdgkn sy trtriknya di fkip b.inggrs yg sbnrnya untk jurusan ips.. itu bs gak kak ? Tlg dijawab kak.. klo prstasinya di bdg b.ing sy ada kak.. trmksi

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Kok saya dpt kbr dr guru kalo jalur SNMPTN itu gk bs pindah jurusan misalnya anak IPA mau ke jurusan IPS, kecuali saat SBMPTN. Bener ngak ??

    ReplyDelete
  21. Kak, saya mau nanya, kalo ngambil SNMPTN Undangan (Jalur Undangan), saya mau ngambil di UI sama UGM, kira-kira bisa gak tuh???

    ReplyDelete
  22. kak mau tanya. kalo rata2 rapot semester 5 turun 0,7 dr semester 4 gituu. kira2 bisa lolos snmptn nggak yaa ?

    ReplyDelete
  23. kak it pendaftaran SNMPTN harus 2 universtas?

    ReplyDelete
  24. nilai selalu naik dari semester berapa? dan juga kalau tidak mendapat rangking bagaimana?

    ReplyDelete
  25. kalo misalnya bpk q PNS pangkat III a masih bisa ikut ap gk??
    trus piagam penghargaan ikut berpengaruh ap gk??

    mohon dibales dg cpat,

    ReplyDelete
  26. snmptn 2014 nilai raport yg digunakn dari smester 1-5 atau 3-5? bagaimana jika ada anak guru pelajaran yg di UN kn tapi kemampuannya biasa saja namun ortunya meminta guru pelajaran ptg lainnya untuk mendongkrak nilai anaknya,bgmn pihak universitas mengetahui dan membedakan nilai anak2 yg bnar2 mampu dibidangnya?

    ReplyDelete
  27. Kalo misalkan gak punya prestari non akademik gimana?? atau gak punya piagam lomba2 gitu...

    ReplyDelete
  28. kak saya kan lulusan tahun 2013 apakah masih bisa ikut snmptn 2014...?

    ReplyDelete
  29. said
    nilai mempengaruhi gak kak atau pak di PTN..??

    ReplyDelete
  30. Jadi yg lulusan 2013 tidak bisa mengikuti SNMPTN ?

    ReplyDelete
  31. tolong jelaskan lagi donk komentar dari mba >> rinaldi parepare "SNMPTN thun ini bisa diikuti oleh seluruh siswa indonesia yg mngikuti UN pda thun 2013 dan 2014... utk lebih jelasnya lngsung saja kunjungi situs resmi panitia snmptn
    2014" cara mendaftarnya gmana kalo mba tau? please kasih infonya ke
    emailku ya : k.rosyad@yahoo.com
    kalo engga ke fb ku : Khoridah Rosyad Purbiningtyas ya,,, please bgt...

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Ptn 2015 nilai raportnya yang di lihat mulai semester berapa cuy? .mohon di jawab

    ReplyDelete
  34. klo sekolah kta udah di black list , gimana yah kak ?? apa masih ada ksempatan buat mengikuti jalur undangan ?

    ReplyDelete
  35. misalnyua aku lulus tahun 2013 tahun lalu apakah masih bisa ikut kah? dan tatacaranya gmn?

    ReplyDelete
  36. Gan mau tanya q lulusan smk tahun 2012...dulu q kedaftar smnptn jalur undangan..tpi karna msih kurang dana buat kuliah q gak ikut
    Klau taun ini q mau ikut smnptn bisa gak ya........?

    ReplyDelete
  37. NISN saya udah di urus sm sekolah, tpi blm keluar. Lantas utk mendapatkan NISN apa yg harus saya lakukan ?

    ReplyDelete
  38. Aku udah urus" ikut snmptn di sekolah, tapi dri skolah masih bingung pndaftarannya kpan, tu gmnh yah?.

    ReplyDelete
  39. Assalamuallaikum
    saya mau nanya..
    jika nilai semester 1 sama 2 lumayan jelek,hanya lebih sedikit dari KKM rata" 65,sampai 70 namun pada semester 3,4,5 nilai sangat bagus yaitu 85,90 apakah bisa bersaing dengan nilai yang dari semester 1 sampai 5 rata" 75-80?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  40. Ada kah sekolah yg tdk bisa mendaftarkan snmptn

    ReplyDelete
  41. Kenapa sekolah saya, tdk bisa mendaftarkan saya SNMPTN?

    ReplyDelete
  42. semua sekolah bisa daftar kok , kalo mau infonya langsung aja ke snmptn.ac.id disitu lebih jelasnya :) kalo masalah nilai mau naik mau turun , itu tergantung dari saingan kalian pas masuk jurusan itu . kalo saingannya gede" nilainya otomatis nilai kalian ga diliat , tapi kalo saingan kalian biasa aja , tetep diliat kok nilainya . soalnya pasti dirata ratain nilai semester 1-5

    ReplyDelete
  43. jika kita mendaftar SNMPTN apakah hanya disaring berdasarkan nilai rapor?

    ReplyDelete
  44. apakah ada perbedaan penilaian antara siswa mutasi dengan siswayang bukan mutasi?

    ReplyDelete
  45. kan dianjurkan ambil 3jurusan.
    apakah bisa 2 mengambil jurusan IPA dan 1 lagi mengambil jurusan IPS?

    ReplyDelete
  46. kalau dari smk jurusan teknologi informatika itu boleh ambil jurusan bahasa atau tidak?

    ReplyDelete
  47. kak, nilai semester 1-5 saya 85.17, 87.6, 88.4, 90, 89.25. Sekolah saya sudah terakreditasi A, Selain itu saya juga berprestasi dibidang akademik maupun akademik maupun non akademik. Lalu saya hanya pilih satu PTN dan satu jurusan yakni UI dengan jurusan manajemen. Nah, kira-kira bagaimana peluang atau harapan saya untuk masuk di PTN tersebut? Mohon dijawab ya kak :)

    ReplyDelete
  48. Kalo misalkan prestasinya hanya juara kelas tapi ada piagamnya, gimana cara upload prestasinya? soalnya saya bingung harus pilih bidang apa, yang ada hanya bidang penelitian, olimpiade, olahraga seni dan lain-lain.

    ReplyDelete
  49. Apakah bisa upload lebih dari 3 prestasi? apakah berpengaruh hal tersebut terhadap kelulusan SNMPTN?

    ReplyDelete
  50. Siswa tidak bisa mendaftar SNMPTN 2014, karena Kendala Nomor Ujian Nasional Belum Keluar dari Diknas, gimana solusinya?

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. kalo piagam juara kelas bisa dilampirkan tidak? tapi masalahnya tidak ada kategori piagam juara kelas di daftar prestasi,, yg ada olimpiade, seni suara/musik, olahraga dll. sy dgr piagam juara kls bisa dilampirkan, tp dikategori mana yg akan sy taro piagam tsb?

    terus kalo piagam membaca doa saat TK sekecamatan bisa tidak? tp sy juga bingung mau taro dikategori mana piagam membaca doa tsb. jadi yg sy taro hanya dua piagam yaitu piagam olimpiade sy... pertanyaan ketiga sy bisa tidak hanya dua piagam yg kita lampirkan?

    mohon dijawab, sy mohon... karna sy sedang kebingungan dan belum memfinalisasi pendaftaran sy.. :(

    ReplyDelete
  53. kalo semisal lolos seleksi SNMPTN apa biaya kuliah tetap dibayar atau ada ketentuan tersendiri?

    ReplyDelete
  54. kak, piagam prestasi itu poinnya berapa sih?

    ReplyDelete
  55. .kalo sekolahnya belum terakhreditasi, kemungkinan untuk masuk snmptn apakh kecil?
    mksh

    ReplyDelete
  56. Kk mau tany kalo lulusan tahn 2014 pa msh bisa daftar snmptn tahun berikutnya ???
    Mhn infony

    ReplyDelete
  57. Gan mau numpang nanya
    Klu lulusan smk jurusan TKJ, apa kemungkinan besar bisa masuk PTN prodi teknik informatika??
    Tapi sya pernah baca klu dislah satu PTN hanya menerima untuk Prodi teknik informatika dgn syarat lulusan SMA jurusan IPA saja
    Gimana trus gan??
    Butuh infonya segera
    Mohon blsannya gan
    Trims :)

    ReplyDelete
  58. kak gimana pelungnya jika masuk uny
    dgn nilai rapor naik turun

    ReplyDelete
  59. kak, bagaimana jika mengambil jurusan yang bukan jurusan sya waktu d SMA ?
    seprti gini ,, , jurusan saya saat ini kan IPA, terus sya mau ambil jurusan akhwalus syahsyiah (IPS) . yang di lihat itu srai nilai pa ya ?

    ReplyDelete
  60. gan nilai rapot saya udah saya kirimke email agan ..... mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  61. mau tanya,,untuk lulisan tahun 2015 apakah masih bsa daftar snmptn 2015, mhon infonya

    ReplyDelete
  62. numpang nanya..kapan pendaftaran SNMPTN utk 2015??

    ReplyDelete
  63. Pendaftaran SNMPTN ini akan dilakukan serentak melalui website resmi SNMPTN 2015 mulai tanggal 22 Januari 2015

    ReplyDelete
  64. kalo sekolahnya sendiri belum terdaftar gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  65. Ka mau tanya, kalau sertifikat yang dilampirkan boleh sertifikat smp tidak ? Makasih ka

    ReplyDelete