Seleksi Pendaftaran Universitas Jendral Soedirman melalui SNMPTN dan SBMPTN

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) adalah satu dari perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI yang berkedudukan di Purwokerto-Jawa Tengah. Dan pada tahun ajaran 2013/2014 ini Unsoed kembali mengadakan penerimaan mahasiswa untuk jenjang S1 dan D3 melalui beberapa jalur.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) , Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dan Ujian Mandiri (UM) UNSOED.
Seleksi Pendaftaran Universitas Jendral Soedirman
Universitas Jendral Soedirman Purwokerto


Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kuota mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN Jalur Undangan maupun SBMPTN Jalur Ujian Tertulis itu mencapai 60 persen dari total mahasiswa yang akan diterima Unsoed sekitar 5.000 orang. Dari 60 persen tersebut, 20 persen di antaranya melalui jalur undangan dan 80 persen jalur ujian tertulis.

Unsoed juga membuka pendaftaran melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Proses pendaftaran dilakukan secara online. Mula-mula, calon peserta terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran ke Bank Mandiri, langsung ke teller atau melalui ATM, internet banking atau sms banking untuk mendapatkan KAP dan PIN.

Selanjutnya, dengan memasukkan KAP dan PIN tersebut, maka calon peserta membuka laman http://sbmptn.or.id untuk pengisian data, seperti pilihan program studi dan tempat ujian, pengisian data personal serta informasi lain yang dibutuhkan untuk selanjutnya mencetak bukti pendaftaran yang akan digunakan pada saat ujian nantinya. 

Rencananya, khusus Unsoed pada tahun ini akan menerima 940 calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Fakultas Pertanian akan menerima 108 calon mahasiswa yang meliputi Agroteknologi (60), Agribisnis (15), Teknik Pertanian (15) serta Ilmu dan Teknologi Pangan (18). 

Fakultas Biologi 60 kursi, Fakultas Ekonomi 108 kursi yang terdiri dari Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan masing-masing 36 kursi. Fakultas Peternakan 75 kursi, Fakultas Hukum 90 kursi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 166 kursi yang terdiri dari Sosiologi (30), Sastra Inggris (24), Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi masing-masing 23 kursi, Sastra Indonesia dan Ilmu Politik masing-masing 18 kursi dan Sastra Jepang serta Hubungan Internasional masing-masing 15 kursi. 

Selanjutnya, Fakultas Kedokteran & Ilmu-ilmu Kesehatan menerima 138 kursi, yakni Kedokteran Umum (30), Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan masing-masing 27 kursi, Farmasi (24) dan Kedokteran Gigi serta Ilmu Gizi yang menerima 15 kursi. 

Sedangkan Fakultas Sains dan Teknik akan menerima 195 kursi, yang terdiri dari Matematika, Fisika dan Kimia masing-masing 18 kursi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan dan Ilmu Kelautan masing-masing 15 kursi dan Teknik Sipil, Elektro, Geologi dan Informatika yang tiap program studinya akan menerima 24 kursi. 

Blog, Updated at: 4:35 PM

0 comments:

Post a Comment