Pendaftar SBMPTN di UNS Masih Minim

Pekan pertama pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih sangat minim pendaftaran. Hingga hari Sabtu tercatat baru 250-an calon mahasiswa mendaftar. Jumlah tersebut masih jauh dari target UNS yang akan menjaring 2.160 mahasiswa melalui jalur SBMPTN.




Ketua SNMPTN 2013 UNS, Sutarno menduga masih sedikitnya minat calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN dikarenakan calon mahasiswa masih menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional (Unas) jenjang SMA sederajat dan pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Adapun pengumuman UN jenjang SMA sederajat akan dilakukan pada 24 Mei mendatang dan pengumuman SNMPTN pada 28 Mei.

"Hari-hari pertama biasanya sedikit karena menunggu diterima apa tidak SNMPTN-nya," katanya. Sejumlah kendala teknis terjadi dalam pendaftaran SBMPTN hari pertama kemarin. Sutarno mengatakan kendala teknis tersebut di antaranya kesalahan calon mahasiswa dalam melakukan pembayaran dan lokasi ujian yang tidak tercetak pada kartu peserta ujian. Dijelaskan, masalah pembayaran yang terjadi murni kesalahan calon mahasiswa yang salah membayar pada bank yang bukan menjadi rekanan pembayaran SBMPTN. Sehingga pin yang didapat tidak dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Pembayaran SBMPTN dilakukan melalui bank Mandiri sedangkan pembayaran Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dilakukan melalui BNI. “Salah satu kesalahan misalnya kemarin ada yang membayar biaya pendaftaran (SBMPTN) di BNI, padahal (jalur) SBMPTN membayarnya di Bank Mandiri." Selain kesalahan teknis pembayaran, kendala lain yakni lokasi ujian yang tidak tercetak pada kartu peserta ujian. Untuk itu, Sutarno segera berkoordinasi dengan panitia pusat untuk menyelesaikan hal tersebut.

Blog, Updated at: 4:44 PM

0 comments:

Post a Comment