Seleksi Pendaftaran Universitas Airlangga Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

Seleksi Pendaftaran Universitas Airlangga Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri - Pada tahun ini Universitas Airlangga akan menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri. Untuk informasi selengkapnya tentang SNMPTN silahkan kunjungi snmptn.ac.id . Untuk jalur SBMPTN silahkan kunjungi situs resmi SNMPTN atau bisa mendapatkan informasi tentang SNMPTN dan SBMPTN disini juga. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Jalur Mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga secara mandiri. Dalam sistem ini setiap peserta hanya dapat memilih program-program studi yang ada di Universitas Airlangga.

Sebagai perguruan tinggi otonom, Universitas Airlangga mempunyai komitmen menerapkan prinsip "Excellence With Morality" dengan sistem tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang bercirikan kejujuran, amanah, kerjasama, disiplin, transparansi, dan keunggulan. Untuk mencapai kesemuanaya itu, salah satu kebijakan mutu yang diterapkan Universitas Airlangga adalah terselenggaranya proses akademis yang berkualitas.

Proses akademis seperti yang diinginkan tersebut tidak akan tercapai jika tidak diawali dengan proses seleksi mahasiswa yang adil dan tidak diskriminasi serta transparan dan akuntabel. Dalam upaya penerapan sistem tata kelola universitas yang baik (good university governance), Universitas Airlangga mempunyai kebijakan adanya sistem penerimaan mahasiswa baru melalui satu pintu, yaitu dibentuk lembaga yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melakukan seleksi terhadap calon mahasiswa Universitas Airlangga. Lembaga tersebut adalah Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB).

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR secara Mandiri terdiri dari :

A. Jalur-Mandiri
Jalur-Mandiri diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) pada umumnya. Yakni lulusan tahun 2011, 2012 dan 2013 yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

B. Jalur-Alih Jenis
Jalur-Alih Jenis diperuntukkan bagi lulusan Diploma (D3) yang sesuai (Linier) dengan program studi yang ditawarkan untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) di Universitas Airlangga.

C. Jalur Diploma
Jalur Diploma ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun2011, 2012 dan 2013 baik dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
Calon peserta diminta hadir di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C, Jl.. Mulyorejo Surabaya sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar pas foto berwarna 4 x 6
  2. Satu lembar fotokopi Ijasah Legalisir
  3. Bagi Peserta yang tidak membawa ijasah legalisir harus download surat pernyataan kesanggupan kelengkapan berkas,
  4. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  5. Hasil cetakan/printout Pendaftaran Online.
  6. Mengisi dan membawa Form Pernyataan SP3 (rangkap 2) yang sudah bermaterai ditandatangani orang tua / wali calon mahasiswa.
  7. Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.
SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.

CETAK KARTU PESERTA
1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta

Registrasi daftar ulang Universitas Airlangga

  • Bagi para peserta dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
  • Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online, Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
  • Bagi Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR – tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  • Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  • Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Unair Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.

Blog, Updated at: 3:04 PM

0 comments:

Post a Comment