Motivasi Pentingnya Melanjutkan Kuliah untuk Masa Depan

Perkembangan zaman yang terjadi sekarang ini, menuntut manusia untuk mempunyai pendidikan yang tinggi dan menjadikan manusia lebih kreatif. Apabila tidak seperti itu, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman dan tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi.

Akan tetapi, hal tersebut dapat berjalan dengan lancar apabila didukung oleh pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Ada beberapa faktor yang menghambat masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Salah satunya adalah faktor biaya.

Biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal menjadikan masyarakat Indonesia tidak dapat menempuh pendidikan sampai tingkat universitas. Hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati bangku kuliah.

Padahal potensi masyarakat Indonesia untuk menikmati bangku kuliah sangat besar, dilihat dari minat para siswa menengah ke atas. Mereka ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Akan tetapi, karena faktor biaya tersebut, mereka tidak mampu untuk membiaya pendidikannya di jenjang universitas atau sekolah tinggi.

Beruntunglah bagi orang-orang yang mampu untuk melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah. Meskipun ada program beasiswa di setiap perguruan tinggi dan dari sekolah-sekolah, tapi prosesnya yang rumit membuat para siswa malas untuk mengurusinya.

Sebagian siswa yang tamat sekolah menengah atas memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya karena faktor biaya. Mereka menjadi lebih tertarik untuk bekerja saja yang dapat menghasilkan uang. Padahal pekerjaan yang mereka terima tidak terlalu besar menghasilkan uang.

Penyuluhan tentang pentingnya pendidikan seharusnya diadakan di setiap sekolah menengah atas. Akan tetapi, hal itu harus didukung juga oleh semua pihak. Dari pemerintah, perguruan tinggi itu sendiri, dan dari masyarakat juga.

Pemerintah dapat memberikan fasilitas dan bantuan berupa beasiswa bagi orang-orang yang tidak mampu. Dari pihak perguruan tinggi sendiri memberikan keringan biaya bagi mahasiswa yang kurang mampu dan memberikan beasiswa juga. Dari masyarakat sendiri, yaitu mendukung para pelajar untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi ternama tersebut terjadi sampai sekarang. Bahkan, sekarang ini, permainan uang sudah terjadi. Banyak yang ingin masuk ke perguruan tinggi ternama, tapi tidak dengan mengikuti tes terlebih dahulu. Asalkan punya uang banyak, mereka dapat masuk ke universitas tersebut. Hal tersebut menjadi penghalang para siswa yang mempunyai kemampuan lebih, tapi karena biayanya yang mahal, mereka menjadi tidak dapat masuk perguruan tinggi tersebut.

Ini merupakan salah satu fenomena yang terjadi di dunia pendidikan. Orang dapat melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, asalkan mempunyai uang yang banyak. Padahal di dalam undang-undang disebutkan bahwa semua warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan.

Akan tetapi, mengapa orang yang tidak mampu, dalam hal biaya, tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, padahal mempunyai kepintaran dan kecerdasan. Sayang sekali menyia-siakan orang yang mempunyai potensi yang besar untuk memajukan negara ini, tapi tidak dapat dikembngkan karena faktor biaya.

Untuk itu, banyak perguruan tinggi yang didirikan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat agar tidak terlalu jauh menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selain itu, biaya yang dikeluarkannya pun relatif terjangkau oleh semua kalangan dan juga meringankan biaya hidup.

Dengan informasi tersebut, para siswa dapat dengan mudah mengetahui universitas favoritnya dan mengatahui cara penerimaan Undip. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para siswa yang akan melanjutkan kuliah di universitas.

Blog, Updated at: 3:33 PM

0 comments:

Post a Comment