Jalur Seleksi Pendaftaran Undip Melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri

Jalur Seleksi Pendaftaran Undip Melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri - UNDIP th2013 menerapkan 3 Jalur Masuk meliputi :SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk Jalur Mandiri ada 2 jenis yaitu UM dan PSSB. 3 jalur untuk masuk ke Undip (Universitas Diponegoro), yaitu sebagai berikut:
  1. Jalur Mandiri - Jalur Mandiri terdiri: Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) D3 dan S1 , serta Jalur Ujian Mandiri juga S1 dan D3
  2. SBMPTN - adalah Jalur Tulis dan atau Keterampilan, Jalurini bisa untuk siswa lulusan tahun 2012, 2013, dan 2014, jd yg alumni bisa manfaatin Jalur ini untuk daftar PTN lagi. Jalur ini dengan test tertulis, seperti SNMPTN tertulis yang dulu-dulu.
  3. SNMPTN – SNMPTN adalah salah satu jalur masuk Universitas yang sangat di tunggu2 oleh anak-anak SMA dan sederajat. Jalur ini banyak peminatnya, tetapi jalur ini hanya bisa buat lulusan pada tahun itu juga. Pendaftaran jalur SNMPTN ini adalah jalur undangan hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang dapat jalur undangan ini. Kalau tidah dapat undangan bisa juga memdaftarkan diri dengan mengisi PDDS dari kepala sekolah.

Untuk Prosentase peneriamaan mahasiswa barunyanya yaitu SNMPTN 50%, SBMPTN 30% dan Mandiri 20%.
Jalur Seleksi Pendaftaran Undip Melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri
Universitas Diponegoro

Untuk uang kuliahnya Universitas Diponegoro Semarang tidak membedakan besaran kecilnya uang kuliah tunggal (UKT) berdasarkan jalur penerimaan mahasiswanya, melainkan kebutuhan masing-masing setiap program studi yang di ambil.
Tidak ada istilah UKT bagi mahasiswa yang masuk lewat jalur mandiri lebih mahal. Semua jalur masuk diberlakukan sama, tidak ada pembedaan dari semua jalur yang ada. Undip menjaring mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Mahasiswa yang berasal dari kalangan tidak mampu tidak hanya terdapat pada SNMPTN dan SBMPTN, melainkan ada pada seluruh jalur masuk sehingga perlakuan yang diberikan harus adil. Untuk Mahasiswa yang tidak mampu nantinya juga bisa mendaftar bidikmisi ataupun beasiswa yang diberikan dari Undip nantinya.

Universitas Diponegoro (Undip) membagi besaran UKT dalam lima kelompok, yakni kelompok I antara nol rupiah hingga Rp 500 ribu per bulan, kemudian kelompok II dengan besaran Rp 500 ribu hingga satu juta rupiah per bulan.
Seluruh program studi mengalokasikan besaran UKT kelompok I dan II secara sama. Perbedaannya terjadi pada kelompok III, IV, dan V dengan besaran bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing program studinya.


Blog, Updated at: 4:30 PM

0 comments:

Post a Comment