SNMPTN Sudah Tutup, Mari kita Siap-siap Daftar SBMPTN 2014

Hello teman-teman SNMPTN 2014, kali ini pendaftaran SNMPTN 2014 sudah berakhir dan tinggal menunggu pengumuman SNMPTN 2014 nya. Maka dari itu mari kita gunakan waktu ini untuk belajar menghadapi SBMPTN 2014 dengan jalur masuk tertulis ini. Pendaftaran SBMPTNnya akan dibuka di bulai Mei ini dan test tertulisnya akan bersamaan dengan pengumuman SNMPTN 2014 nantinya.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 memang telah berakhir. Namun, bukan berarti kesempatan Anda untuk menjadi mahasiswa di kampus negeri telah berakhir. Sebab, masih ada jalur masuk lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

Sebagaimana diinformasikan website resmi sbmptn.or.id, pendaftaran SBMPTN 2014 akan dibuka pada Mei 2014. Jika SNMPTN adalah seleksi berdasarkan prestasi akademik maupun nonakademik di sekolah, maka seleksi SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan dengan cara ujian tertulis.

SBMPTN menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka tahun ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menggelar ujian tertulis. Pelaksanaan seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini lah yang disebut SBMPTN.

Selain untuk lulusan 2014, SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK pada 2012 dan 2013 untuk mengikuti seleksi kali ini. Demikian, seperti disitat dari situs Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Kamis (3/4/2014).

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang telah memenuhi persyaratan validitas, reliabiltas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking).

Kemampuan penalaran tinggi itu meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), dan atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Semangat teman-teman untuk menuju Universitas favorit adek-adek semua yang selama ini sudah di impi-impikan sejak dulukala. Banyaklah belajar dan banyaklah berdoa untuk mencapai sukses mu...pasti kalian bisa.

Blog, Updated at: 5:05 AM

0 comments:

Post a Comment