Pengisian PDSS SNMPTN 2015 di Mulai Hari ini

Jadwal Penting SNMPTN 2015 - Hari ini dimulai proses pertama pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN yaitu proses pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Pengisian PDSS ini sebagai tahap pertama untuk dapat mengikuti SNMPTN 2015. Pada tahap ini proses pengisian biasanya dilakukan oleh kepala sekolah atau pihak sekolah yang nantinya siswa diberikan username dan password untuk login dan mengkonfirmasi PDSS tersebut.

Dalam pengisian ini pengisi wajib mengisikan rapor dari semester 1 hingga semester 5 saat di SMK/ SMA/ MA.

“Siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS serta memiliki rapor dari semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS,” ujar Profesor Hertanto selaku pembantu rektor Bidang Akademik (PR I) Undip. (Baca :  Cara pengisian PDSS)


Setelah mendapatkan NISN dan Password dari kepala sekolah siswa diharapkan segera mengkonfirmasi PDSS lewat laman PDSS SNMPTN 2015. Setelah itu baru bisa mendaftar SNMPTN 2015.

Pada pendaftaran SNMPTN 2015 siswa dapat memilih 2 PTN berbeda dengan ketentuan 1 PTN berada di wilayah tempat tinggal atau satu provinsi.

Sedangkan untuk pemilihan prodinya, siswa dapat memilih 3 prodi dengan ketentuan 2 prodi berada dalam 1 PTN pilihan.

Selain itu Hertanto juga mengatakan SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademis dari siswa SMA sederajat dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi selama di sekolah. Pendaftaran SNMPTN 2015 ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Pada tahun 2015 ini sebanyak 36 PTN mengikuti proses seleksi SNMPTN ini. Dan pada tahun ini SNMPTN menampung mahasiswa baru untuk setiap prodinya maksimal 50 persen dari daya tampung yang sudah disiapkan.

Blog, Updated at: 4:16 PM

0 comments:

Post a Comment