IAIN Walisongo Sediakan 552 Kursi melalui Jalur SBMPTN

IAIN Walisongo Semarang sediakan 552 kursi untuk Mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. Mulai tahun ini Perguruan Tinggi Agama turut menyelenggarakan seleksi melalui ujian tertulis bersama Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Diponegoro (Undip). 

Pembantu Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Walisongo, Dr Musahadi MAg mengatakan, mulai tahun ini pihaknya turut menerima mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. Adapun 552 kursi akan disediakan bagi mereka yang diterima dari jalur tersebut.

SBMPTN IAIN Walisongo Semarang




"Ini merupakan peluang lain bagi lulusan SMA/MA/SMK untuk masuk IAIN Walisongo melalui jalur lain, disamping Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru-Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN)," ungkapnya saat ditemui di ruang sidang rektor kampus tersebut. 

IAIN Walisongo Semarang sendiri pada tahun akademik 2013/2014 ini akan menerima 2.675 mahasiswa melalui empat jalur. Di antaranya, SBMPTN, SPMB-PTAIN jalur tulis dan prestasi, serta Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri.

"Untuk daya tampung SBMPTN yaitu 552 mahasiswa, SPMB-PTAIN jalur prestasi 1.081 mahasiswa, jalur tulis 504 mahasiswa, dan PMB jalur mandiri 538 mahasiswa," katanya.

Sementara ada 22 prodi yang ditawarkan di IAIN Walisongo dalam SBMPTN. Di antaranya, Pendidikan Agama Islam, Tadris Biologi, Tadris Matematika, Tadris Kimia, Tadris Fisika, Bahasa Inggris, Perbankan, dan Ekonomi Islam.

"Disamping prodi-prodi tersebut IAIN juga membuka prodi baru, yakni Ilmu Falak/Astronomi Islam dan Pengembangan Masyarakat Islam," tutur Musahadi.

Seperti halnya Unnes dan Undip yang menyelenggarakan SBMPTN, pendaftaran seleksi tersebut di IAIN Walisongo juga dilakukan pada waktu yang sama. Pendaftaran online akan ditutup hingga 7 Juni 2013, sedangkan ujian tertulis 18-19 Juni 2013.

Blog, Updated at: 5:48 AM

0 comments:

Post a Comment