Penilaian SNMPTN Undangan dan Strategi Lulus SNMPTN Undangan

Penilaian SNMPTN Undangan dan Strategi Lulus SNMPTN Undangan - Beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Undangan. Penilaian adalah otoritas MASING-MASING UNIVERSITAS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hHanya dari garis besarnya saja yang diumumkan. Berikut ini beberapa kriteria penilaian yang biasa digunakan di setiap Universitas, jadi mungkin saja tidak semuanya kriteria yang tertulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.

1. Nilai Raport
Secara umum SNMPTN undangan, nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan penerimaan. Untuk perbanding si A dan B, maka secara umum akan  dilihat nilai total dari rapot.

2. Nilai per mata pelajaran
Misal si A dan si B ambil biologi di kampus yg sama. Secara peringkat si A kalah, tapi nilai biologi si A lbh baik dari si B. maka si A tetep bisa bersaing dengan si B.

3. Konsistensi
Konsistensi menjadi syarat. Misal taun lalu, pada sekolah akreditasi A bisa mengirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yg ga pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jd tiap sekolah biasanya ga sampe ngirim 50%nya. itu aturan konsisten oleh panitia snmptn. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda2 dan g diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.

4. Prestasi di luar kelas
Kamu dapat melampirkan  maksimal 3 prestasi terbaikmu. Piagam atau sertifikat di scan terus upload ke panitia ketika pendaftaran SNMPTN Undangan.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah
Prestasi sekolah di ajang kompetisi2 juga bisa menjadi pertimbangan.

6. Prioritas pilihan jurusan
Bedasarkan survey tahun 2012, 92% undangan diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). jadi mesti diperhatikan urutan pemilihan jurusannya juga.

7. Jumlah Alumni di PTN tempat mendaftar
Jumlah alumni SMA yang kuliah di PTN tempat kamu daftar juga menjadi pertimbangan penerimaan SNMPTN Undangan. Semakin banyak tentu semakin bagus.

8. Pengembangan SDM Daerah
Beberapa PTN memberi jatah daerah2 tertentu yg kekurangan SDM. Terutama jurusan2 yg menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena nanti setelah lulus diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.

9. Aturan Khusus tiap PTN
Aturan dari kampus perlu diperhatikan, terutama ttg “lintas jurusan” dan “surat pernyataan kesediaan membayar”.

Penilaian SNMPTN Undangan dan Strategi Lulus SNMPTN Undangan

Beberapa hal yang perlu kalian perhatiin kalo emang bener-bener ngincer SNMPTN Undangan, terlepas kalian berasal dari SMA favorit atau bukan: 

Konsisten Nilai Rapot
Ini juga penting karena nilai sobat dari semester 3 sampai 5 harus naik minimal tetap Contohnya semester 3-5 => 78.20 - 78.85 – 80.06, mungkin ini tergantung kebijakan PTN masing-masing untuk bisa menilainya.

Jangan memaksakan kehendak
Misalkan ada anak ingin masuk FK UI (fakultas kedokteran UI) karena dia tau bahwa pesaingnya ribuan orang dan disekolahnya banyak yang ingin masuk FKUI dia mengurungkan niatnya untuk masuk FK yang di UI tapi memilih seperti FKUIN atau FKUNS toh semua PTN sama yang penting akreditasinya baik.

Kenali Universitasmu
Maksudnya sobat harus tau ada atau gaknya kakak kelas sobat di Universitas itu karena keberadaan kakak kelas sobat di Universitas tersebut sangat berpengaruh loooh, mungkin pihak universitas melihat apakah benar nilai rapot yang dituliskan benar-benar berbobot sama dengan kualitas lulusannya .

Sertifikat Akademis
Jujur saya sendiri tidak punya sertifikat apa-apa untuk diajukan pada panitia Snmptn Undangan karena memang saya tidak pernah ikut OSN atau lomba yang lain.. hehe tapi untuk yang punya silahkan ajukan karena itu juga sangat berpengaruh.

Sekilas tentang SNMPTN Undangan semoga apa yang tertulis di atas bisa membantu dalam mengikuti SNMPTN.


Blog, Updated at: 7:28 PM

15 comments:

  1. jika kakak kelas blm ada yang ke PTN yg dituju, apa itu juga berpengaruh?
    msh bisakah untuk mndaftar jalur snmptn ?

    ReplyDelete
  2. maaf, bukan sok tau. tp sepertinya tentang kakak kelas itu cuma strategi, bukan syarat. jadi masih tetep bisa.

    ReplyDelete
  3. kalo sertifikat sperti lomba voly antar kabupaten atau nasional bisa berpengaruh dk yo ?
    kan katanya yg berpngaruh tu kalo sertifikat tu d dpat individu bkan klompok, kalo voly kn klompok?

    ReplyDelete
  4. Sertifikat akedemis ngaruh gk sama snmptn ?

    ReplyDelete
  5. Kak gimana ya... Kalo misalnya kita mampu di SMA terus alhamdulillahnya dapet FKUI. Tapi takutnya malah keseret2 sama materi yg dimodulkan ituuu? Fkui gitu kak.. Siapa yang gak punya insting tinggi

    ReplyDelete
  6. kak aku mau mau bertanya, nilai ak dri smester 3 sampai 5 naik smua kecuali nilai fisika(nilainya tetap), dan ad 3 mata pelajaran yang nilainya turun, tetapi itu bukan pelajaran yng di UN kan yaitu senibud, olahraga, dan sejarah. pertanyaan saya, dengan nilai seperti itu saya bisa berpeluang gk kak masuk ptn univ lampung jurusan agribis?? tolong d jwab yhh kak. trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Kalau nilai stabil biasa dapet jalur undangan kan

    ReplyDelete
  8. kak, bagaimana jika mengambil jurusan yang bukan jurusan sya waktu d SMA ?
    seprti gini ,, , jurusan saya saat ini kan IPA, terus sya mau ambil jurusan akhwalus syahsyiah (IPS) . yang di lihat itu syrat nilai apa ya ?

    ReplyDelete
  9. sertifikat non akademik apa harus ada?

    ReplyDelete
  10. ka kalo misalnya si A dan B sama sama pengen ke pendidikan Fisika, trus nilai keseluruha si B lebih besar daripada si A, tapi nilai fisika si A lebih besar. nah itu gmna?

    ReplyDelete
  11. ada yang tau kapan kita mengirim scanan sertifikatnya kapan???

    ReplyDelete
  12. Nice info nya..
    Mampir juga untuk 9 tips lolos SNMPTN 2015 berdasarkan pengalaman siswa yang lolos http://kicauan-merpati.blogspot.com/2015/01/9-tips-lolos-snmptn-2015.html?m=1

    ReplyDelete
  13. piagam paralel bnyak, ap bsa brpngaruh ?

    ReplyDelete
  14. Kalo gaada prestasi sama sekali bagaimana?

    ReplyDelete