Seleksi Pendaftaran Universitas Negeri Yogyakarta Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Seleksi Pendaftaran Universitas Negeri Yogyakarta Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri - Selain menerima mahasiswa dari jalur SNMPTN, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan membuka jalur mandiri. Jalur ini membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang gagal dalam SNMPTN.

Dan kesempatan juga buat lulusan-lulusan tahun lalu yang masih ingin melanjutkan jenjang perguruan tinggi di UNY ini. Pendaftaran mahasiswa melalui jalur undangan pada tahun 2013 lalu, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya jumlah pendaftar mahasiswa melalui jalur undangan sebanyak 1085 orang, sedangkan pada tahun 2013 sebanyak 1884 orang. Dan diperkirakan pada tahun 2014 akan meningkat lagi lebih banyak.

Karena, tahun lalu hanya sekolah-sekolah yang terakreditasi yang boleh mengajukan siswa dalam program penerimaan mahasiswa baru UNY melalui jalur undangan, akan tetapi
tahun ini sekolah-sekolah tersebut memperoleh kuota dari pihak kampus berdasarkan akreditasi masing-masing sekolah.

Pendaftaran Universitas Negeri Yogyakarta Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri
Jalur Masuk Universitas Negeri Yogyakarta

UNTUK PROSEDUR PENDAFTARAN DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PMB UNY

Untuk tahun 2014 belum pasti, tetapi kemungkinan besar banyak memiliki kesamaan dengan tahun sebelumnya, berikut infonya :

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) - Pendaftaran untuk jalur undangan biasanya paling awal mulai Maret mungkin sudah dibuka pendaftarannya, ( Undangan pengumuman, SBMPTN tertulis baru melaksanakan Ujian). SNMPTN pendaftaran skala nasional memiliki situs tersendiri, tdk langsung mendaftar di PT yg diinginkan, tahun kemarin www.snmptn.ac.id
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN ini dengan menggunakan test tertulis untuk menguji kemampuannya.
  3. Seleksi Mandiri (PMB-SM)
  • Peserta dapat memilih kelompok IPA, IPS, atau IPC sesuai dengan program studi yang dipilih. Daftar program studi dan kelompok.
  • Kelompok IPA atau IPS, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. Kelompok IPC dapat memilih 3 (tiga) program studi yang terdiri dari 2 (dua) program studi kelompok IPA dan 1 (satu) program studi kelompok IPS atau 2 (dua) program studi kelompok IPS dan 1 (satu) program studi kelompok IPA.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 untuk kelompok IPA atau IPS, sedangkan untuk kelompok IPC sebesar Rp 200.000,00 melalui Bank Mandiri Petunjuk pembayaran dapat dilihat di situs http://pmb.uny.ac.id.
  • Login ke situs http://pmb.uny.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai gelombang. Tahun 2011 UNY membuka 2 kali SM ( SM gelombang 1 untuk S1, dan SM Gelombang 2 Untuk Program Diploma .
  • Materi Ujian Tulis:
  1. Kelompok IPA meliputi Kemampuan Kuantitatif, Bahasa, dan IPA.
  2. Kelompok IPS meliputi Kemampuan Kuantitatif, Bahasa, dan IPS.
  3. Kelompok IPC meliputi Kemampuan Kuantitatif, Bahasa, IPA, dan IPS.
  • Materi Tes Khusus (untuk Prodi tertentu) meliputi: Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan.
  • Hasil seleksi diumumkan melalui situs PMB UNY: http://pmb.uny.ac.id, koran lokal, di Kantor Registrasi UNY.
Itulah Seleksi Pendaftaran Universitas Negeri Yogyakarta Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri yang di perkirakan untuk pendaftaran tahun ini.

Blog, Updated at: 8:20 PM

8 comments:

  1. kapan jalur mandiri 2014 dibuka?..dan kpan bisa mulai daftar???

    ReplyDelete
  2. di uny jurusan sastra inggris dibuka apa tidak?
    kenapa waktu pendaftaran lewat jalur snmptn tidak ada jurusan tersebut?

    ReplyDelete
  3. kalo dri luar jogja,gmana ya ikut tes snmptn nya....
    di kota masing2 atau kjogja

    ReplyDelete
  4. Setelah daftar di situs resmi SNMPTN calon mahasiswa mendaftarkan dirinya kembali tidak ya ke situs UNY nya ? atau sudah sampai di snmptn saja menunggu hasil ? teriamakasih

    ReplyDelete
  5. Numpang nanya ni . Kalo tes sbmptn itu berapa lama nunggu hasil masuk apa gak nya . Mohon infonya

    ReplyDelete
  6. Maaf apa lulusan paket c bisa masuk uny?

    ReplyDelete