Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes Melalui SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Penerimaan Maba Unnes 2014 ini akan di buka 3 jalur pendaftaran yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Untuk SNMPTN bisa langsung melihat turitorial Pendaftaran SNMPTN di www.snmptn.ac.id dan untuk pendaftaran SBMPTN nya bisa lihat di Cara Mendaftar SBMPTN Online.

Tahun akademik baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali akan menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri. Seleksi ini dibuka untuk pendaftar calon mahasiswa reguler (Non Bidikmisi) dan Bidikmisi.

 Penerimaan Mahasiswa Unnes Melalui SNMPTN
Universitas Negeri Semarang

Persyaratan Umum
  1. Lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/SMK/MA/MAK atau yang setara, tahun 2012, 2013, dan 2014 dibuktikan dengan ijazah.
  2. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran belajar dan tugas lain yang sesuai dengan program studi yang dipilih.
  3. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes termasuk biaya belajar dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), kecuali bagi yang diterima dalam beasiswa Bidikmisi

Persyaratan Khusus
Khusus program beasiswa Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
Pendaftaran dengan system online melalui laman http://spmu.unnes.ac.id

Pilihan Program Studi
  1. Peserta SPMU berhak memilih dua program studi yang sebidang (2 pilihan program studi kelompok saintek atau 2 pilihan program studi kelompok sosial humaniora).
  2. Daftar program studi dan kelompok program studi yang ditawarkan dapat dilihat pada pengumuman ini atau melalui laman SPMU.

Prosedur Pendaftaran

Peserta tes SPMU diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:
  1. Menyiapkan file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  2. Membuka situs http://spmu.unnes.ac.id.
  3. Menentukan jalur SPMU yang akan diikuti: SPMU Program Reguler atau SPMU Program Bidikmisi.
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) yang berupa 8 karakter.
  5. Mengunggah (upload) file pas foto pada formulir yang telah tersedia.
  6. Mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SPMU.
  7. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-. Peserta yang memilih kelompok Jurusan/Prodi Seni atau Olahraga juga membayar biaya ujian keterampilan Rp. 150.000.-. Pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI seluruh Indonesia dengan cara menunjukkan PIN dan dibayarkan secara langsung melalui teller.
  8. Mencetak Kartu Tes yang diakses dari situs SPMU secepat-cepatnya 1 hari setelah pembayaran atau selambat-lambatnya tanggal yang udh di tentukan. Kartu tes dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta; dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat tes.
  9. Memeriksa lokasi dan ruang pelaksanaan tes tertulis sesuai dengan denah yang tertera pada Kartu Tes.
  10. Pada saat pelaksanaan tes tertulis, peserta menunjukkan Kartu Tes, ijazah asli dan identitas diri kepada pengawas/penguji. Pada saat tes keterampilan, peserta yang memiliki prestasi olahraga/seni sekurang-kurangnya juara I tingkat Kabupaten/Kota dapat menunjukkan sertifikat asli. Khusus bagi peserta program Bidikmisi, pada saat tes menyerahkan: (1  ) Surat Rekomendasi dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu; (2) Surat Keterangan tidak mampu dari Kepala Desa/Kelurahan yang dilampiri daftar penghasilan orang tua.

Hasil Ujian Tulis SPMU
Hasil ujian tulis SPMU diumumkan pada tanggal yang di tentukan nantinya secara online melalui laman http://spmu.unnes.ac.id.

CATATAN
1. Informasi pendaftaran dan jurnal pendaftaran selengkapnya dapat dilihat di situs SPMU.
2. Peserta tes menyiapkan alas tulis, pensil 2B, dan karet penghapus untuk mengerjakan tes tertulis.
3. Informasi mengenai tempat dan jadwal tes dapat dilihat pada Kartu Peserta Tes SPMU.
4. Peserta SPMU yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melakukan registrasi pada tanggal 29 Juli s.d. 12 Agustus.
5. Peserta SPMU yang dinyatakan lulus seleksi di suatu prodi tidak diperkenankan pindah ke prodi lain.
6. Semua jenis pembayaran tidak dapat dibatalkan.
7. Peserta SPMU Program Beasiswa Bidikmisi akan diverifikasi melalui kunjungan ke rumah masing-masing.
8. Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SPMU dinyatakan gugur apabila:
a. Tidak hadir pada waktu registrasi.
b. Terbukti memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
9. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, perubahan itu akan diumumkan melalui situs SPMU.
10. Unnes tidak melayani pendaftaran langsung secara manual di Kampus.
11. Informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui telepon atau E-mail ke alamat: BAAKK Unnes Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229, telepon (024)8508092, (hunting psw. 25), Faks (024)8508084, E-mail: dikeva@unnes.ac.id, Website: http://spmu.unnes.ac.id, E-mail: spmu@unnes.ac.id

Blog, Updated at: 11:31 PM

1 comments:

  1. wah pengen banget masuk fakultas bio sama hukumnya

    ReplyDelete