Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia - Apa Itu Teknik Informatika ?
Sebelum mau masuk ke Jurusan Teknik Informatika harus tahu dulu donk apa itu teknik informatika.
Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

QS World University Rankings by Subject kembali merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia berdasarkan masing-masing jurusan dan program studinya untuk tahun 2013. Di Indonesia, QS juga merilis lima kampus terbaik dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik.

Universitas Jurusan Teknik Informatika

Institut Teknologi Bandung (ITB) masih didapuk sebagai kampus terbaik dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik. Namun, ITB tidak masuk dalam daftar 200 besar kampus-kampus di dunia yang terbaik dalam program studi ini.

Satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar lima besar ini adalah Universitas Islam Indonesia. Perguruan tinggi swasta tertua yang terletak di Yogyakarta ini berada di peringkat kelima. Berikut daftar lengkap Universitas dengan jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Indonesia
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5. Universitas Islam Indonesia

Di Asia, lima perguruan tinggi dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik adalah National University of Singapore (NUS), University of Hong Kong, The Hong Kong University of Science and Technology, The Chinese University of Hong Kong, dan The University of Tokyo. Sementara itu, di urutan teratas masing-masing Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, Stanford University di AS, University of Oxford di Inggris, Carnegie Mellon University di AS, dan University of Cambridge di Inggris.

Dalam melakukan pemeringkatan, QS World Ranking menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

Dalam daftar Universitas Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia ini ada banyak juga Universitas Negeri atau Swasta yang bagus dalam jurusan Teknik Informatinya.

Blog, Updated at: 6:40 AM

0 comments:

Post a Comment