Jalur Pendaftaran UGM melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri

Jalur masuk untuk Universitas Gadjah Mada ada 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk Jalur Mandiri ada banyak pola penerimaan dari Universitas Gadjah Mada Sendiri.

Benih-benih persaingan yang terjadi pada siswa kelas tiga SMA mulai berkobar. Semangat-semangat juara mulai terasa. Di sela-sela waktu luang, banyak dari siswa SMA tersebut mengunjungi universitas idaman mereka, Universitas Gadjah Mada. Hal tersebut semata-mata demi mendapatkan kursi di UGM yang terkenal susah untuk ditembus. Namun, di tahun ini UGM membuka selebar-lebarnya pintu bagi para calon mahasiswa untuk memperebutkan kursi di UGM. Ada tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri.

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pemerintah membiayai biaya pendaftaran pola penerimaan ini.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
SBMPTN merupakan pola penerimaan yang didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional. Biaya pendaftaran dibebankan pada pendaftar.

3. Seleksi Mandiri Pola Penerimaan ini terdiri atas:
a. Penelusuran Bibit Unggul
  1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa tidak mampu secara ekonomi yang memiliki prestasi akademik unggul.
  2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat internasional maupun pemenang tingkat nasional.
  3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis kejuaraan di bidang olahraga atau seni tingkat internasional maupun pemenang di tingkat provinsi atau nasional
  4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik unggul yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel. Pola ini juga ditujukan untuk daerah T3 (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
b. Ujian Tulis Pola penerimaan ini didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh UGM.

Pola Penerimaan ini terdiri atas:
Penelusuran Bibit Unggul

Persyaratan Umum :
  1. Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2013/2014, atau lulusan SMA luar negeri tahun 2012/2013.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 5.
  3. Peserta termasuk 40% terbaik di kelasnya pada semester 1-6, atau 75% terbaik pada semester 1-5 bagi siswa kelas akselerasi.
  4. Peserta PBUTM, PBUB, PBOS, dan PBUK diusulkan oleh sekolah. Peserta PBUK diusulkan oleh pihak penyandang dana.
  5. Memenuhi persyaratan kesehatan dan fisik tertentu tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Persyaratan Khusus :
  1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) Peserta berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi yang didukung dengan data * Fotokopi Kartu Keluarga (C1) yang disahkan oleh RT, RW, dan Kelurahan, * Keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Camat bagi non karyawan atau oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi.
  2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) * Peserta merupakan pemenang lomba bidang studi tingkat nasional (termasuk lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM, khusus untuk masuk ke fakultas yang bersangkutan), * Peserta merupakan pemenang atau finalis lomba bidang studi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh LIPI, DIKNAS, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO.
  3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) * Peserta adalah juara I KEJURDA atau PORDA tingkat Provinsi; * Peserta adalah Juara I POPSINAS; * Peserta adalah juara I-III KEJURNAS/PON * Peserta adalah juara I-V kejuaraan internasional * Peserta adalah juara I-III kesenian tingkat nasional.
  4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Peserta diusulkan oleh mitra yang telah melakukan MoU dengan UGM, dibuktikan dengan melampirkan naskah MoU dan pernyataan kesanggupan menanggung biaya pendidikan sampai dengan selesai.

Prosedur Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Prosedur pendaftaran melalui laman http://snmptn.ac.id/.
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Prosedur pendaftaran SBMPTN melalui laman http://www.sbmptn.or.id/. Seleksi Mandiri

Blog, Updated at: 4:01 AM

1 comments:

  1. informasi syarat pendaftaran kedokterannya bagaimana ?

    ReplyDelete