Biaya Pendaftaran SBMPTN 2014 Turun

Biaya Pendaftaran SBMPTN 2014 Turun - Kepastian biaya pendaftaran calon mahasiswa baru (camaru) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, yang dijanjikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk diturunkan akhirnya keluar.

Pemerintah memberikan subsidi biaya pendaftaran SBMPTN, sehingga besarnya biaya hanya Rp 100.000 untuk semua kelompok ujian, termasuk biaya ujian keterampilan pada program studi tertentu. “Sebelumnya calon mahasiswa dikenakan biaya pendaftaran cukup mahal, sekarang hanya Rp 100.000 dengan ujian keterampilan atau tanpa ujian keterampilan. Dulu biaya ujian keterampilan harus dibayar sendiri, sekarang Rp 100.000 untuk ujian tulis dan ujian keterampilan, karena disubsidi pemerintah,” tutur Ketua Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Sutarno PhD kepada wartawan.

Subsidi dari pemerintah untuk pendaftaran SBMPTN tersebut, menurut Prof. Sutarno, diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) masuk perguruan tinggi (PT). Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pusat selaku penyelenggara SNMPTN dan SBMPTN menargetkan, jumlah pendaftar SNMPTN dan SBMPTN tahun 2014 bisa lebih dari satu juta orang.

“Dengan biaya pendaftaran gratis untuk SNMPTN dan pemberian subsidi untuk SBMPTN, diharapkan lebih banyak anak yang mendaftar ke PT,” tandasnya.

Pada pendaftaran SBMPTN tahun 2013 lalu, biaya seleksi Kelompok Ujian Sain dan Teknologi (Saintek/IPA) dan Kelompok Ujian Sosial Humaniora (Soshum/IPS) masing-masing Rp 175.000. Sedangkan Kelompok Ujian Campuran ditetapkan sebesar Rp 200.000. Sedangkan proses pendaftaran SBMPTN 2014 dilakukan secara online di laman http://www.sbmptn.or.id, mulai 12 Mei-6 Juni 2014.

Selain menurunnya biaya pendaftaran, lanjut Prof. Sutarno, pelaksanaan SBMPTN tahun 2014 juga berbeda, yakni pada jadwal ujian tertulis (utul). Pada tahun-tahun sebelumnya, utul SBMPTN yang dilaksanakan selama dua hari, pada tahun 2014 hanya satu hari, yakni 17 Juni 2014.

“Mulai tahun 2014 testing hanya satu hari, pada Selasa 17 Juni 2014. Tes tertulis meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan TKD Soshum,” jelasnya. Bagi calon mahasiswa program studi tertentu yang lolos Utul, harus mengikuti ujian keterampilan jalur SBMPTN, pada Rabu atau Kamis, tanggal 18 atau 19 Juni 2014 dan hasil SBMPTN diumumkan pada 16 Juli 2014.

Demikian informasi mengenai Biaya Pendaftaran SBMPTN 2014 ini, semoga berguna bagi anda. Selamat menempuh Ujian SBMPTN, semoga berhasil dan sukses di PTN tujuan utama.

Blog, Updated at: 2:36 AM

0 comments:

Post a Comment