UNS Prioritaskan Siswa Penghafal Alquran pada SNMPTN 2015

Universitas Sebelas Maret Surakarta atau yang sering disapa UNS Surakarta kini kembali menyelenggarakan jalur ujian masuk melalui SNMPTN.

Kini ada kabar gembira untuk para calon mahasiswa yang memiliki prestasi seni, olahraga tingkat nasional serta penghafal Al-Qur’an. Pasalnya UNS Surakarta akan memberikan prioritas bagi mereka pada saat mengikuti SNMPTN 2015.

Deputi I Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Nuryani mengungkapkan, ada peraturan khusus bagi pelaksanaan SNMPTN di masing-masing PTN. Khusus UNS, aturan khusus tersebut yaitu yakni memberi prioritas bagi siswa yang memiliki prestasi seni dan olahraga tingkat nasional baik juara I,II atau III serta siswa yang hafal Alquran.



"Prestasi ini sangat bermanfaat dan bisa dimasukkan sekolah dalam PDSS," kata Nuryani dalam Sosialisasi Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta SNMPTN 2015 di Auditorium kampus UNS, Rabu (28/1/2015).

Nuryani mengimbuhkan, jika tidak ada kolom untuk memasukkan prestasi tersebut di PDSS, maka sekolah atau siswa bisa langsung menyerahkan bukti prestasinya pada panitia di sekretariat SPMB UNS. Bahkan, UNS tidak akan memberi batasan pilihan prodi bagi siswa berprestasi atau penghafal Alquran. Mereka bebas memilih prodi sesuai jurusan di SMA/SMK/MA dan prestasinya tetap akan diperhitungkan.

Kepala Sekola SMA N 6 Surakarta Harminingsih mengakui input data untuk PDSS harus dilakukan seteliti mungkin. Pasalnya, jika terjadi sedikit saja perbedaan nilai, maka akan mengakibatkan sekolah dan siswa terkena sanksi.

"Sanksinya adalah sekolah akan terkena blacklist pada SNMPTN tahun-tahun selanjutnya. Bagi siswa tidak akan diluluskan saat SNMPTN," katanya.

Untuk yang mempunyai prestasi seperti itu jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk dapat menjadi mahasiswa baru di UNS Surakarta.


Blog, Updated at: 8:31 PM

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete