Lebih dari 20 Persen Mahasiswa Tak Mampu Diterima di UGM

UGM telah melakukan verifikasi terhadap mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari hasil verifikasi tersebut, tercatat 20,08 persen mahasiwa baru UGM berasal dari keluarga kurang mampu.

Mereka adalah penerima beasiswa Bidikmisi serta mahasiswa yang masuk dalam kategori pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok 1 dan 2.

''Setelah pengumuman SNMPTN, kami menerima data calon mahasiswa dari Panitia Pusat SNMPTN. Selain itu, UGM juga melakukan pendataan. Data yang ada diverifikasi oleh fakultas dan dikelompokkan dalam UKT sesuai kemampuan ekonomi masing-masing. Dari data mahasiswa yang melakukan registrasi, tercatat 20,08% mahasiswa baru UGM yang diterima melalui jalur SNMPTN berasal dari keluarga tidak mampu,'' tutur Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSocSc.aa

Dia menjelaskan bahwa dari 3.317 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, sejumlah 3.146 calon mahasiswa telah melakukan registrasi.

Data registrasi memberikan informasi yang sangat baik, bahwa dengan parameter seleksi menggunakan kualitas akademik, akses pendidikan bagi keluarga kurang mampu secara ekonomi masih terbuka lebar di UGM. Kondisi ini memperlihatkan bahwa amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 terutama dan Pasal 74 ayat (1) dapat diemban dengan baik oleh UGM.

Ditambahkan, porsi 20.08 persen mahasiswa baru tersebut meliputi penerima beasiswa Bidikmisi dan mahasiswa tidak mampu lainnya yang hanya perlu membayar UKT Rp 500.000 atau maksimal Rp 1.000.000 per semester. Mahasiswa yang ada di kelompok UKT 1 dan 2 ini juga mendapatkan beasiswa.

"Misalnya ntuk prodi Sastra Inggris, biaya kuliah tunggal (BKT) per semester untuk prodi ini yang ditetapkan oleh pemerintah adalah Rp 6.093.000 per semester, sehingga mahasiswa dengan UKT 1 mendapatkan beasiswa berupa subsidi sebesar Rp 5.593.000 per semester. Contoh lain di prodi Pendidikan Dokter, BKT per semester sebesar Rp 15.232.00 sehingga per semester mahasiswa dengan UKT 1 mendapatkan beasiswa atau subsidi sebesar Rp 14.732.000,'' paparnya

Dalam kesempatan itu Dia juga menyampaikan kembali bahwa pada tahun ini persaingan dalam seleksi masuk UGM semakin ketat. Peminat jalur SNMPTN sebanyak 72.207, sedangkan yang diterima sebanyak 3.317. Untuk jalur SBMPTN, peminat prodi di UGM sebanyak 64.199 dengan daya tampung 1.997.

Blog, Updated at: 5:25 AM

1 comments:

  1. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
    Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣] karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete