Pendaftaran SBMPTN Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung 2015

Pendaftaran SBMPTN di tahun 2014 ini akan segera di mulai atau di buka. Untuk Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 di Universitas Padjajaran akan dimulai pada 12 Mei 2014 mulai pukul 8.00 WIB dan berakhir 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB. Universitas Padjadjaran akan menerima 2.616 calon mahasiswa dari SBMPTN, dan sebanyak 2.755 calon mahasiswa akan diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang saat ini telah memasuki tahap proses seleksi.

“Unpad akan menerima calon mahasiswa jenjang S-1( sarjana) melalui SNMPTN dan SBMPTN. Kuotanya kurang lebih 50% untuk SNMPTN dan 50% untuk SBMPTN. Tidak ada seleksi mandiri untuk S-1 kecuali untuk 125 orang mahasiswa asing,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pembelajaran Unpad, Prof. Engkus Kuswarno, MSi, saat ditemui usai jumpa pers SBMPTN 2014 di Ruang Pimpinan Gedung Rektorat ITB Jln. Tamansari Bandung, Rabu (30/04). Jumpa pers ini menghadirkan perwakilan dari Unpad, ITB, UPI, dan UIN Sunan Gunung Djati, serta dipandu Prof. Asep Gana Suganda, Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal Bandung SBMPTN.

Mengapa seleksi mandiri jenjang S-1 Unpad hanya untuk mahasiswa internasional? Prof. Engkus menjelaskan, mahasiswa internasional dari beberapa negara itu tidak bisa ikut SNMPTN dan SBMPTN karena sebagai Warga Negara Asing mereka tidak bisa memenuhi persyaratan calon peserta SNMPTN maupun SBMPTN. Untuk itu, lanjut Prof. Engkus, seleksi mandiri dilaksanakan untuk mereka. Kuotanya tidak lebih dari 2,5% dari total mahasiswa baru yang diterima, yaitu 125 orang.

“Kuota terbanyak mahasiswa asing untuk program studi Farmasi, ada 30 orang, FKG 27 orang, dan Fakultas Kedokteran 25 orang. Prodi lainnya ada yang hanya 1 orang, 3 orang, hingga totalnya menjadi 125 orang,” jelas Prof. Engkus.

Daya tampung SBMPTN UNPAD tahun lalu




Sementara untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus ditanggung oleh mahasiswa yang diterima di Universitas Padjajaran, jumlahnya sama dengan tahun lalu, tidak mengalami peningkatan. Biaya kuliah yang harus dibayar mahasiswa tergantung pada program studi yang dipilih dan kemampuan orang tua. Kelompok UKT yang berlaku untuk tahun 2014 bisa dilihat di http://smup.unpad.ac.id/pembiayaan/

Bagi lulusan SMA dan sederajat, selain bisa mengikuti seleksi calon mahasiswa jenjang S-1, Unpad juga telah membuka seleksi calon mahasiswa jenjang Diploma. Pendaftaran seleksi Diploma dibuka mulai 17 Maret hingga 21 Juni 2014, dan seleksi dilakukan berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) menggunakan nilai rapor sejak semester 1 sampai dengan semester 5 khusus pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Ujian tertulis SBMPTN akan dilaksanakan dalam satu hari pada Selasa 17 Juni. Ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan lebih dari satu hari. Sedangkan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 18 dan.atau 19 Juni 2014. Ujian keterampilan dilaksanakan oleh peminat program studi ilmu seni dan keolahragaan.

Salah satu perbedaan lain dalam pelaksanaan SBMPTN tahun ini adalah biaya seleksi menjadi lebih ringan yaitu Rp 100.000,- baik untuk peserta saintek maupun soshum, termasuk biaya ujian keterampilan. Tahun lalu, biaya seleksi Rp 150.000 untuk saintek atau soshum, dan Rp 175.000,0 untuk peserta campuran (saintek dan soshum).

Informasi tentang SBMPTN bisa dilihat di website sbmptn.or.id, sementara informasi tentang seleksi masuk Unpad bisa dilihat di website smup.unpad.ac.id.dan untuk informasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN terbaru bisa ceck di sini.

Blog, Updated at: 5:11 PM

0 comments:

Post a Comment